Bagaimana Cara Mencegah dan Mengobati Pneumonia Yang Perlu Anda Ketahui?

Bagaimana Cara Mencegah dan Mengobati Pneumonia Yang Perlu Anda Ketahui?

Bagaimana Pneumonia Diobati?

Ketika Anda mendapatkan diagnosis pneumonia, dokter Anda akan bekerja dengan Anda untuk mengembangkan rencana perawatan. Perawatan untuk pneumonia tergantung pada jenis pneumonia yang Anda miliki, seberapa sakit Anda rasakan, usia Anda, dan apakah Anda memiliki kondisi kesehatan lainnya. Tujuan pengobatan adalah untuk menyembuhkan infeksi dan mencegah komplikasi. Penting untuk mengikuti rencana perawatan Anda dengan hati-hati sampai Anda sepenuhnya pulih.

Minumlah obat apa saja yang diresepkan oleh dokter Anda. Jika pneumonia Anda disebabkan oleh bakteri, Anda akan diberikan antibiotik. Penting untuk meminum semua antibiotik sampai hilang, walaupun Anda mungkin akan mulai merasa lebih baik dalam beberapa hari. Jika Anda berhenti, Anda berisiko terinfeksi kembali, dan Anda meningkatkan kemungkinan kuman akan kebal terhadap pengobatan di masa mendatang. Antibiotik khas tidak bekerja melawan virus. Jika Anda menderita pneumonia virus, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat antivirus untuk mengobatinya. Namun, kadang-kadang, manajemen gejala dan istirahat adalah semua yang diperlukan.

Selain vaksinasi, apa lagi yang bisa saya lakukan untuk mencegah pneumonia bakteri dan virus?

Menerima semua vaksinasi yang direkomendasikan adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah pneumonia. Selain itu, ada beberapa cara lain untuk mencegah pneumonia, termasuk: Berhenti merokok, dan menghindari asap rokok. Merokok merusak paru-paru Anda.

Cuci tangan Anda sebelum makan, sebelum memegang makanan, setelah menggunakan kamar kecil, dan setelah berada di luar. Jika sabun tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Menghindari berada di sekitar orang yang sakit. Minta mereka untuk mengunjungi ketika mereka merasa lebih baik. Tidak menyentuh atau berbagi objek yang dibagikan dengan orang lain. Kuman dapat ditransfer dari objek ke Anda jika Anda menyentuh hidung atau mulut tanpa mencuci atau membersihkan tangan terlebih dahulu.

Makan makanan yang sehat, berolahraga, dan cukup istirahat. Kebiasaan sehat menjaga sistem kekebalan tubuh Anda kuat. Diperlakukan untuk infeksi atau kondisi kesehatan lain yang mungkin Anda miliki. Kondisi-kondisi ini dapat melemahkan sistem kekebalan Anda, yang dapat meningkatkan kemungkinan infeksi Anda. Menghindari konsumsi alkohol berlebihan.

Dapatkan Vaksinasi

Dapatkan suntikan flu setiap tahun untuk mencegah influenza musiman. Flu adalah penyebab umum pneumonia, jadi mencegah flu adalah cara yang baik untuk mencegah pneumonia. Anak-anak yang lebih muda dari 5 dan orang dewasa 65 dan lebih tua harus mendapatkan vaksinasi terhadap pneumonia pneumokokus, bentuk umum dari pneumonia bakteri. Vaksin pneumokokus juga direkomendasikan untuk semua anak dan orang dewasa yang berisiko tinggi terkena penyakit pneumokokus karena kondisi kesehatan lainnya. Ada dua jenis vaksin pneumokokus. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mengetahui apakah salah satunya tepat untuk Anda.

Ada beberapa vaksin lain yang dapat mencegah infeksi oleh bakteri dan virus yang dapat menyebabkan pneumonia, termasuk pertusis (batuk rejan), cacar air dan campak. Silakan bicarakan dengan dokter Anda tentang apakah Anda dan anak-anak Anda mengetahui vaksin terbaru Anda dan untuk menentukan apakah salah satu dari vaksin ini sesuai untuk Anda.

Cuci tanganmu

Sering-seringlah mencuci tangan, terutama setelah meniup hidung, pergi ke kamar mandi, mengganti popok, dan sebelum makan atau menyiapkan makanan.

Jangan Merokok

Tembakau merusak kemampuan paru-paru Anda untuk melawan infeksi, dan perokok diketahui berisiko lebih tinggi terkena pneumonia. Perokok dianggap sebagai salah satu kelompok berisiko tinggi yang didorong untuk mendapatkan vaksin pneumokokus.

Waspadai Kesehatan Umum Anda

Karena pneumonia sering terjadi setelah infeksi saluran pernapasan, waspadai gejala yang menetap lebih dari beberapa hari. Kebiasaan kesehatan yang baik — diet sehat, istirahat, olahraga teratur, dll — membantu Anda terserang virus dan penyakit pernapasan. Mereka juga membantu mempromosikan pemulihan cepat ketika Anda masuk angin, flu atau penyakit pernapasan lainnya.

Jika Anda memiliki anak, bicarakan dengan dokter mereka tentang:

  • Vaksin Hib, yang mencegah pneumonia pada anak-anak dari Haemophilus influenza tipe b
  • Obat yang disebut Synagis (palivizumab), yang diberikan kepada beberapa anak di bawah 24 bulan untuk mencegah pneumonia yang disebabkan oleh virus syncytial respiratori (RSV).
  • Jika Anda menderita kanker atau HIV, bicarakan dengan dokter Anda tentang cara-cara tambahan untuk mencegah pneumonia dan infeksi lainnya.

Sumber :

https://www.lung.org

https://my.clevelandclinic.org

sumber gambar

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Written by